Beranda | Artikel
Hakikat Yahudi
Selasa, 24 Oktober 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yala Kurnaedi

Hakikat Yahudi adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 8 Rabi’ul Akhir 1445 H / 23 Oktober 2023 M.

Kajian Tentang Hakikat Yahudi

مَثَلُ الْمُؤْمِنِينَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ مَثَلُ الْجَسَدِ إِذَا اشْتَكَى مِنْهُ عُضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ بِالسَّهَرِ وَالْحُمَّى

“Perumpamaan kaum Mukminin dalam saling mencintai, menyayangi dan mengasihi, perumpamaannya adalah seperti satu tubuh. Apabila ada salah satu anggota tubuhnya sakit, maka yang lain ikut sakit dengan tidak bisa tidur, juga dengan demam.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad)

Kita semua, dengan adanya media sosial dan alat komunikasi yang canggih, di hari-hari ini, kita mendapat berita, mendengar, melihat, menyaksikan saudara kita di Palestina dibantai oleh kaum Yahudi dan banyak yang meninggal. Dan kita merasa sedih karena mereka kaum Muslimin. Dan kita juga orang Islam, ketika mereka sakit, maka terasa ikut sakit. Kita berdoa pada Allah Subhanahu wa Ta’ala, semoga Allah menjaga saudara-saudara kita, kaum Muslimin di Palestina.

Siapakah hakikat Yahudi?

Yahudi, disebut oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Al-Qur’an sebagai الشياطين (setan-setan). Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَإِذَا لَقُوا الَّذِينَ آمَنُوا قَالُوا آمَنَّا وَإِذَا خَلَوْا إِلَىٰ شَيَاطِينِهِمْ قَالُوا إِنَّا مَعَكُمْ إِنَّمَا نَحْنُ مُسْتَهْزِئُونَ

“Apabila mereka (orang-orang munafik) berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka mengatakan: ‘Kami telah beriman’. Dan bila mereka kembali kepada setan-setan mereka, mereka mengatakan: ‘Sesungguhnya kami bersama kalian, kami hanyalah mengolok-olok`” (QS. Al-Baqarah[2]: 14)

Kebanyakan ulama tafsir menafsirkan “setan-setan mereka” dengan Yahudi. Di antaranya Ibnu Abbas, Qatadah, dan yang lainnya.

Kemudian, kata ulama bahwa Yahudi adalah orang yang suka membuat kerusakan di tengah bumi. Allah Ta’ala berfirman di surah Al-Ma’idah ayat yang ke-64:

…وَيَسْعَوْنَ فِي الْأَرْضِ فَسَادًا ۚ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ

“Mereka suka sekali melakukan kerusakan diatas mukabumi, dan Allah tidak mencintai orang-orang yang membuat kerusakan.” (QS. Al-Ma’idah[5]: 64)

Yahudi adalah pembunuh para nabi. Allah Ta’ala berfirman tentang mereka:

فَبِمَا نَقْضِهِمْ مِيثَاقَهُمْ وَكُفْرِهِمْ بِآيَاتِ اللَّهِ وَقَتْلِهِمُ الْأَنْبِيَاءَ بِغَيْرِ حَقٍّ…

“Maka (Kami lakukan terhadap mereka beberapa tindakan), disebabkan mereka melanggar perjanjian itu, dan karena kekafiran mereka terhadap keterangan-keterangan Allah dan mereka membunuh nabi-nabi tanpa (alasan) yang benar…” (QS. An-Nisa`[4]: 155)

Yahudi adalah gurunya orang yang suka berkhianat. Allah Ta’ala berfirman tentang mereka:

فَبِمَا نَقْضِهِمْ مِيثَاقَهُمْ لَعَنَّاهُمْ وَجَعَلْنَا قُلُوبَهُمْ قَاسِيَةً…

“(Tetapi) karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuki mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu…” (QS. Al-Ma’idah[5]: 13)

Yahudi adalah orang-orang yang suka mensifati Allah dengan sifat buruk. Yahudi pernah mensifati Allah dengan bakhil, fakir, dan seterusnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَقَالَتِ الْيَهُودُ يَدُ اللَّهِ مَغْلُولَةٌ ۚ غُلَّتْ أَيْدِيهِمْ وَلُعِنُوا بِمَا قَالُوا…

“Orang-orang Yahudi berkata: “Tangan Allah terbelenggu”, sebenarnya tangan merekalah yang dibelenggu dan merekalah yang dilaknat disebabkan apa yang telah mereka katakan itu.” (QS. Al-Ma’idah[5]: 64)

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Simak dan download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53498-hakikat-yahudi/